Entreminer (entrepreuner+miner)

I`am independent stock investor and miner that have entrepreuner mindset.What i do are investing in Stock Market, Property and Bussiness after work, I can be reach on myarif@gmail.com

15 January, 2007

Reksadana

Barang apaan itu?Reksadana banyak diplesetkan jadi danareksa atau apalah itu namanya.
Reksadana adalah dana masyarakat yang dikelola oleh manajer investasi. jadi masyarakat hanya menyetor dananya, baru kemudian diolah oleh manajer investasi berdasarkan analisis dari perusahaan tempat manajer investasi itu berada. Reksadana biasanya digunakan untuk mengumpulkan dana yang bisa diolah berdasarkan profil resiko jenis reksadana tersebut, ada saham, obligasi/pendapatan tetap maupun campuran. Reksadana berdasarkan pengalaman saya cukup menguntungkan, apalagi jika dibandingkan dengan jika dana disimpan dibank biasa. Beberapa rekomendasi saya adalah antara lain:
1. Jika anda seorang bujangan/belum punya anak, pilih saja reksadana saham, karena kecenderungan bursa saham indonesia masih sangat menguntungkan apalagi untuk jangka panjang.
2. Jika anda sudah berkeluarga dan mempunyai dana lebih, simpan saja di reksadana campuran, walaupun biasanya untungnya lebih kecil, tapi resiko juga kecil.
3. Jika anda sudah berumur, pilih reksadana pendapatan tetap saja, untuk menghindari adanya resiko-resiko yang tidak diinginkan, dan biasanya juga masih lebih menguntungkan jika dibanding deposito bank.
Kesulitan-kesulitan reksadana antara lain jika kita ingin menjual atau membeli, harus konfirmasi ke sekuritas/perusahaan investasi tersebut. Disertai dengan form-form yang kadang kita malas mengisinya.
Untuk perusahaan sekuritas di Indonesia, pilih saja perusahaan besar seperti Trimegah, Danareksa. Profil investasi mereka biasanya selalu dikirim ke alamat kita beserta perkembangan dana kita yang sudah diolah. Saat ini saya punya investasi reksadana saham di trimegah sekuritas, jangka waktu 7 bulan ini kenaikan dana saya sudah mencapai sekitar 20%, lumayan bukan?

No comments: