Entreminer (entrepreuner+miner)

I`am independent stock investor and miner that have entrepreuner mindset.What i do are investing in Stock Market, Property and Bussiness after work, I can be reach on myarif@gmail.com

14 December, 2008

Krisis dunia

Dear blogger,
saat ini sedang marak berita tentang kiris dunia yang dimulai oleh kasus subprime mortage di amerika,yang berimbas ke negara negara lain di seluruh dunia. Saya hanya bisa mempelajari bagaimana pergerakan ekonomidunia ini berimbas juga ke negara kita, serta keperusahaan saya dimana saat ini saya bekerja. Bahkan krisis inijuga berimbas ke bisnis saya, saat ini omset penjualan kami terus menurun juga. Mungkin karena saat ini pabrik-pabrikdi Indonesia ikut lesu karena susah mengekspor barangnya, karena konsumsi dunia terus menurun. Harga minyak dan batubara menurun tajam, harga metal juga menurun, pergerakan bursa juga stagnan dilevel terendah,banyak pabrik dan industri yang mulai mem-PHK karyawan, termasuk Freeport Indonesia.Walaupun untuk sementara ini hanya untuk karyawan di kantor pusat Jakarta.Industri di sekitar bandung juga sedang lesu, para ibu-ibu juga sedang sibuk mencari gas yang langka, sehingga mungkinwaktu untuk mengotak-atik motornya untuk ganti jok belum sempat untuk saat-saat ini.Di perusahaan saya sendiri sekarang sedang ketar-ketir isu-isu lay off karyawan. Sehingga sekarang saya harus lebih berhati-hatisambil terus berusaha ekspansi bisnis saya agar tetap survive dimasa krisis ini.
Untuk solusi krisis ini saya juga hanya bisa meraba-raba, kapan industir dunia akan bangkit kembali, yang bisa mengerek hargalogam, harga minyak serta pendapatan masyarakat dunia saat ini. Karena sangat aneh menurut saya, harga minyak turun, harga2yang lain juga turun, mengapa harga bahan baku jok saya malah naik?padahal untuk mencari pelanggan saat ini sudah sedemikian sulit.Mungkin saat ini industri akan semakin beralih kedunia ketiga, harapan saat ini adalah industri China yang sudah sedemikian membesar,sedangkan industri di negara-negara maju semakin menurun. Untuk saat ini yang bisa saya lakukan adalah wait and see, serta mencari peluang-peluang lain yang tahan terhadap krisis ini.

No comments: