Entreminer (entrepreuner+miner)

I`am independent stock investor and miner that have entrepreuner mindset.What i do are investing in Stock Market, Property and Bussiness after work, I can be reach on myarif@gmail.com

22 March, 2013

Value & Growth Investor

Dear Blogger,

ngomong-ngomong soal investasi, ada beberapa strategi yang lazim dipakai dalam
berinvestasi di pasar modal. Strategi tersebut antara lain:
1. Trader : biasanya patokan utamanya dari pergerakan harga dan volume transaksi.
2. Investor : cenderung berpatokan pada fundamental analis, yaitu dari performa perusahaan emiten,
baik secara historical dan prospek kedepannya.
3. Gabungan antara Trader & Investor, yaitu yang memakai acuan harga dan volume transaksi secara historical, dan berpatokan juga dengan fundamental analis dari emiten.

Untuk saya pribadi cenderung ke no 3, walaupun biasanya saya bermain dalam jangka mengengah panjang, karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk bermain short term tiap hari, serta dari pengalaman yang didapat selama bermain saham, saya lebih bisa mendapatkan profit ketika bermain
dalam horison mid-long term. Setiap orang punya gaya masing-masing dalam berinvestasi saham, selama itu yang paling menghasilkan, saya pikir sah-sah saja sesuai selera masing-masing.

Saat ini saya hanya mau membahas tentang value & growth investor, yang saat ini merupakan strategi yang saya pegang dalam berinvestasi. Kuncinya adalah mencari emiten dengan value yang sewajar mungkin, jika memungkinkan semurah mungkin dibanding pesaingnya, serta growth yang konsisten untuk mendapatkan emiten yang terbaik. Sebaiknya faktor teknikalnya jangan dilupakan, yaitu historical harga dan volume saham emiten tersebut, jangan sampai kita membeli saham yang tidak ada volume, walaupun murah biasanya harga saham tersebut tidak akan banyak bergerak, akan lebih baik bila harganya cenderung stagnan karena bila diteliti lebih lanjut dengan melihat broker yang bermain bisa kita ketahui institusi mana yang sedang mengakumulasi maupun mendistribusi saham tersebut.

Secara ringkasnya kita bisa lihat 2 faktor dalam LK emiten tersebut sebagai kuncinya, yaitu
1. Earning per share (EPS) historical, minimal 3 tahun
2. Sales Growth, jika memungkinkan lebih dari 3 tahun historical
sehingga bisa diketahui dan diprediksi value dan growth dari suatu saham.

good luck

March 21, 2013

1 comment:

Anonymous said...

Terima kasih Tips ringkas ya.