Entreminer (entrepreuner+miner)

I`am independent stock investor and miner that have entrepreuner mindset.What i do are investing in Stock Market, Property and Bussiness after work, I can be reach on myarif@gmail.com

11 May, 2011

ABDA

Dear Blogger,

Tulisan ini didedikasikan untuk para pecinta saham recehan yang bervitamin,
salah satunya Asuransi Bina Dhana Arta ini. Berhubung hari ini ABDA naik 9% lebih dan saya termasuk yang ikut menikmati hasilnya, saya akan menjelaskan sedikit kira-kira apa yang ada didalam ABDA ini sehingga harganya naik lumayan.
Untuk tipikal bisnis asuransi merupakan bisnis yang ringan modal dan resiko kecil, tipe bisnis ini sebenarnya sangat menguntungkan sekali karena perusahaan memutarkan dana dari nasabah saja. Cost produksinya juga minimal karena tidak ada barang yang dihasilkan, jadi relatif ke administrasi dan fee saja.

Oke mari kita lihat apa yang ada didalam laporan keuangan Q1-2011 nya. Secara umum asset perush naik +/- 100M, dimana liabilitas perusahaan naik 50M dan Equitas perusahaan naik 50M juga, bisa dibilang ini sangat bagus, berarti perusahaan berhasil meningkatkan laba ditahan yang menyebabkan equitasnya naik.

Kita lanjut lagi ke neraca laba/rugi perusahaan, terlihat bahwa dapat meningkatkan pendapatan sekitar 16Milyar dibanding Q1-2010, beban memang meningkat dibanding periode sebelumnya, tetapi ada point positif di hasil investasi. Pada umumnya perusahaan investasi akan menyimpan sebagian besar dana dari nasabahnya untuk instrumen investasi. Jadi pendapatan lebih bagus.
Kita langsung masuk ke laba bersih perusahaan, dimana EPS 161 dibanding tahun 2010 sebesar 158. Memang secara angka naiknya tidak terlalu besar, tetapi jika kita bandingkan dengan harga sahamnya yang hari ini baru di 570, PER-nya masih dibawah 1. Hal itu merupakan sinyal yg sangat positif untuk investor. Sayangnya memang banyak sekali perusahaan asuransi yang harganya sangat tidak sesuai dengan value perusahaannya, untuk saat ini saya sangat percaya ABDA tidak akan susah bermain hingga diatas 1000 hingga tahun depan, dengan harapan kinerja perusahaan dipertahankan, atau semakin meningkat.
Moment seperit sekarang banyak sekali saham-saham yg mulai di adjust ke nilai real-nya oleh para fund manager, mari berharap ABDA ini juga termasuk yang diadjust ke nilai sebenarnya. karena saya masih akan mempertahankan posisi di saham ini, paling minimal sampai quarter depan sambil melihat performa perusahaannya.

lets beat the market.

salam,
arif

No comments: